Media Proteksinews

Media Proteksinews

sample media terbit

sample media terbit

Cari Blog Ini


Laman

RNI

RNI
kantor pusat

Minggu, 17 Januari 2010

Bupati Solok Selatan

Visi
Terwujudnya masyarakat Solok Selatan yang HARMONIS (Harkat, Bermartabat, Bermoral, Aman, Peduli dan Sejahtera) berlandaskan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah.
Misi
Terbentuk Kabupaten Solok Selatan merupakan buah dari perjuangan panjang yang dimulai sejak 1950-an yang ditandai dengan diadakan Konferensi Timbulun.

Pada Konferensi Timbulun saat itu akan dibetuk sebuah kabupaten dengan nama Kab. Sehilir Batang Hari (SBH) yang memasukan wilayah Kecamatan Lembah Gumanti (Alahan Panjang), Pantai Cermin (Surian), Sungai Pagu (Muaro Labuh) dan Kec. Sangir (Lubuk Gadang).

Menumbuhkankembangkan rasa kebersamaan dan rasa percaya diri untuk bangkit mengantarkan Kabupaten Solok Selatan sebagai salah satu daerah otonom yang mandiri dan mampu sejajar dengan daerah lainnya di Sumatera Barat tahun 2010.
Perjuangan panjang itu, baru tercapai setelah disahkannya Undang-Undang No 38 tahun 2003 dan pada 7 Januari 2004 diresmikan 24 kabupaten baru di Indonesia tiga di antaranya terdapat di Sumbar, yakni, Kabupaten Solok Selatan, Dharmasraya dan Pasaman Barat.

Tiga hari setelah diresmikan atau pada 10 Januari 2004, Gubernur Sumbar, melantik Pj Bupati Solok Selatan, Drs. Aliman Salim.

Dalam perjalanan satu tahun Kab. Solok Selatan, Gubernur Sumbar, H. Zainal Bakar. kembali melantik Marzuki Onmar sebagai Pj. Bupati Solok Selatan menggantikan Aliman Salim yang sudah habis masa jabatannya.

Melalui dua Pj, Bupati daerah pemekaran terus menata dan menjalan roda pemerintah sehingga terpilihnya Bupati dan wakil Bupati melalui pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Proses demokrasi perdana itu, terpilih pasangan Drs. Syafrizal M.Si dan Drs. Nurfirmanwansyah, pada 20 Agustus 2005 maka dilantik oleh Gubernur Sumbar, di Padang Aro yang kini menjadi ibukabupaten Solok Selatan.

Sejak pertama sekalinya Pemerintah Daerah Kabupaten Solok Selatan melaksanakan pelantikan Camat secara serentak disatu tempat, pelantikan serentak ini karenakan mengingat volume kegiatan Pemkab Solsel sedang banyak. Maka pelantikan serentak dilaksanakan kata yang paling efektif dan efisien, kata Bupati Syafrizal pada pelantikan tujuh Camat yang ada di kab. Solsel bada waktu itu
Kepada para camat Syafrizal menegaskan supaya menyusun rencana kerja yang baik, sehingga tidak satupun pekerjaan yang gagal dilaksanakan pada tahun berjalan, mewujudkan disiplin aparatur dilingkungan kerja kecamatan masing-masing, mengendalikan proyek-proyek fisik dikecamatan yang berinti perlu pengawasan.

Syafrizal juga meminta agar para camat melakukan koordinasi rutin dengan muspika, instansi vertikal di tingkat kecamatan dan merangkul semua stakeholder. Menyelesaikan persoalan yang muncul dikecamatan sejak dini mungkin dan mengkoordinasikan dengan unsur terkait, sehingga pemecahan masalah cukup dilaksanakan di Kecamatan saja.

Dari tujuh Camat yang dilantik Bupati Syafrizal, satu diantaranya mengantikan posisi Camat Kecamatan Sangir Jujuan. Drs Arizal digantikan Drs. Thamrin dari Kantor KPU,Arizal naik menjadi Asis III. Sedangkan Camat yang enam lainya tetap pada jabatanya sebagai camat



Harapan dan sebuah Cita-cita

Bupati Solok Selatan Pemilihan Bupati Solok Selatan sudah hampir selesai, sesuai dengan prediksi banyak pengamat Pasangan Syafrizal dan Nurfirmanwansyah merupakan pasangan yang cocok untuk memimpin Solok Selatan sa’at ini. Syafrizal merupakan sosok yang sarat dengan pengalaman, pernah merasakan menjadi orang kecil, menapaki karir dari seorang satpam sampai menjadi Kepala Perwakilan Sumatra Barat di Jakarta. Banyak bergaul dengan orang – orang yang cukup punya pengaruh di Negara ini, sebut saja Bpk Azwar Anas, Harun Zain yang merupakan bekas Gubernur Sumatra Barat.
Jika kita lihat Latar Belakang dari Syafrizal ini, kita menaruh harapan besar untuk membawa Solok Selatan untuk 5 (lima) tahun berikutnya kedepan. Solok Selatan merupakan Kabupaten Baru yang nota bene banyak persoalan yang harus dihadapi dan masih perlu bantuan dari pihak lain, dari segi ekonomi walaupun Solok Selatan ini termasuk daerah kaya, tapi karena belum ditangani secara maksimal
masih sulit diharapkan kontribusinya terhadap pendapatan daerah, infra stuktur yang masih sangat terbatas, seperti sarana transpotasi, irigasi dsbnya akan menelan biaya yang sangat besar, jika mengandalkan pendapatan asli daerah mungkin diperlukan waktu yang cukup lama. Disinilah peran Syafrizal sangat dibutuhkan, pengalamannya dalam bidang pemerintahan serta pergaulannya yang luas dapat digunakan untuk melobi pemerintahan yang lebih tinggi baik ditingkat Propinsi maupun ditingkat pusat.
Karena KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme) merupakan kebiasaan yang sering muncul bila seseorang telah berada ditampuk pemerintahaan, istilah nya dalam bahasa Minang “salagi aden bakuaso”, yang merupakan watak asli bangsa ini kemungkinan besar juga akan terjadi pada pemerin. Syafrizal tahan Solok Selatan yang akan datang, kerusakan moral seperti judi, mabok-mabokan, narkoba dan sebagainya yang sa’at belakangan ini banyak terjadi di Solok Selatan diperlukan pendkatan khusu dalam penyelesaian. Disinila peran s. Syafrizal ebuah Cita-cita yang merupakan wakil Bupati sangat diharapkan. Latar belakangnya yang dibesarkan di lingkungan yang taat beragama, yang merupakan partai yang selalu konsisten dalam memberantas KKN, hal ini akan sangat membantu mengontrol jalannya pemerintahan jika terjadi penyimpangan-penyimpangan dalam pelaksanaan roda pemerintah.

Dengan kemampuan yang masing-masing mereka punyai kita harapkan keduanya bisa saling mengisi sehingga pemerintahan yang baru ini dapat mendorong Solok Selatan menjadi sebuah daerah yang maju.
Semua kemampuan yang mereka punyai saja belumlah cukup untuk membangun Solok Selatan yang serba kekurangan ini, Kita harap komitmen dan hati nurani mereka dalam membangun sangat kita harapkan.

Kita lihat jika seseorang yang telah memegang kekuasaan biasanya lupa dengan apa yang mereka niatkan sebelum berkuasa, tidak sedikit yang melupakan janji-janji yang diucapkannya saat mereka berkampanye sosok syafrizal belum kelihatan seperti itu

Baru baruini Drs H Syafrizal J M.Si menyerahkan beasiswa Bank Nagari untuk siswa Sekolah Dasar (SD) sebanyak 150 orang, SLTP / MTs sebanyak 30 orang dan Siswa SLTA sebanyak 158 orang di SMA I Solok Selatan, Senin (02/03) dengan jumlah total Rp 120 juta.

Bupati Solok Selatan Drs H Syafrizal J M.Si saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) sekaligus penyerahan Besiswa Bank Nagari mengatakan, sesuai dengan slogan kita sebagai masyarakat Solok Selatan, maka tidaklah salah kta merujuk kepada slogan tersebut yaitu ‘Manaruko Basamo’ yang salah satu maknanya adalah bersama-sama kita bekerja dan berusaha untuk mencerdaskan anak bangsa.

Belajar dan sekolah bukan hanya tanggung jawab guru di sekolah sebagai pengajar, tetapi merupakan tanggungjawab kita bersama untuk mencerdaskan generasi muda ini,”ungkapnya.

Dalam mencari ilmu, ucapnya, tidak ada halangan dan rintangan lagi karena peran pemerintah tidak sedikit dalam bidang pendidikan ini.

Pemerintah telah mengalokasikan dana 20 persen untuk pendidikan, belum lagi Bantuan Operasional Sekolah (BOS), BOS dari Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Bantuan daerah terpencil bagi guru-guru daerah terpencil, bantuan sisiwa berprestasi dari pemerintah kabupaten dan bantuan beasiswa dari Bank nagari ini,. jelasnya
sekarang ini, lanjutnya, tidak ada kata tidak untuk melanjutkan pendidikan, tidak ada kata malas untuk belajar. Sebagai manusia akan sangat berharga dimata dunia dan Tuhan jika ada ilmunya, Tuhan sangat menyukai orang-orang yang berilmu, rajin-rajinlah belajar dan berlombalah untuk mencapai prestasi untuk masa depan kita dan masa depan negeri ini.

” Masa sekolah merupakan masa yang paling membahagiakan, untuk itu jangan terlalu larut dalam keadaan. SMA merupakan ujung tombak untuk menentukan arah masa depan,”ujarnya.

Untuk itu kedepannya, Syafrizal beharap Generasi muda mesti mampu mengembangkan talenta kreatifitas, inovasi dan produktifitas. Sehingga pemuda menjadi insan pembangunan yang selalu mengedepankan daya nalar, fikiran sehat, argumen berbasis pengetahuan dan kompetensi demi kemajuan negeri ini.

Saat ini pembangunan yang di prioritaskan adalah untuk meningkatkan Sumber Daya manusia yang berkualitas, Hal ini di upayakan melalui proses pendidikan yang bermutu disetiap jenjang pendidikan dan alokasi dana yang presentasinya cukup besar untuk membangun pendidikan.

Pada tahun 2006 Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di sektor pendidikan berjumlah 35 Milliar, jumlah ini meningkat ditahun 2007 menjadi 58,5 Milliar, kemudian meningkat lagi di tahun 2008 menjadi 70 Milliar dan untuk tahun 2009 ini pemerintah telah menambah anggaran sebanyak 20 persen dari dana tahun kemaren. [*]

Bupati menyampaikan, daerah kecil dan bahkan terpencil sekalipun akan mampu menjadi besar dan ternama karena prestasi dan karya besar yang diukir oleh masyarakatnya. “Karena itu, kebanggaan kita terhadap sejarah perjuangan PDRI di daerah ini, hendaknya mampu menjadi inspirasi dan motivasi kita untuk bangkit dan berbuat lebih baik lagi dari waktu ke waktu,” katanya
Daerah pemekaran Syafrizal juga menyampaikan, pemekaran yang dilakukan terhadap Kabupaten Solok Selatan adalah sebuah pilihan yang tepat dan baik. Tepat, karena ini salah satu kabupaten termuda di Sumbar, setelah dilakukan evaluasi juga telah mampu berbuat dan berprestasi baik. “Ini tentunya juga merupakan keberhasilan bupati dan wakil bupatinya bersama masyarakat di daerah ini,” katanya.
Bupati Solsel Syafrizal J. dalam kesempatan itu juga menyampaikan, sejarah PDRI merupakan cermin yang objektif masyarakat Solsel dalam menata dan melanjutkan pelaksanaan pembangunan di daerah ini. “Semangat perjuangan dan kegigihan sesudah dan setelah sejarah itu terjadi, hendaknya menjadi motivator yang hebat dalam memajukan pembangunan daerah Solsel tercinta ini,” hal itu dikatakannya pada saat Pembukaan acara seminar nasional PDRI
beberapa waktulalu .
Harapan Banyak Pihak berharap syaprizal memimpin kembali pada periode 2010-2015

Tegas dan Berpihak Pada Kepentingan Masyarakat Banyak

Kurun waktu dekat Pesta Demokrasi Pilpres secara Nasional bakal digelar. Khusus untuk Kabupaten Solok Selatan yang masa kepemimpinan Bupati/Wakil Bupati Drs. H. Syafrizal. J. M.Si dan Drs. H. Nurfirmanwansyah, Apt, MM masa kepemimpinannya juga sudah berada dipenghujung masa tugas.

Berbagai harapan dan wacana tentang kepemimpinan depenitif Bupati / Wakil Bupati 5 Tahun kedua Solok Selatan, sudah mulai dibicarakan oleh banyak kalangan. Meski kontek tokoh yang bakal maju tersebut baru masih reka-reka beberapa nama. Namun harapan banyak masyarakat, kedepan Solok Selatan hendaknya dapat dipimpin oleh Bupati/Wakil yang tegas dan tidak plinplan dalam mengambil keputusan untuk pembangunan Solok Selatan secara umum.masih kuat menyebut nyebut nama Syafrizal .

mengukur kepemimpinan Bupati/Wakil Bupati saat kini sangat berharap, kedepan kalau bisa Solok Selatan ini dipimpin kembali oleh kedua tokoh tesebut untuk melanjutkan orang yang betul-betul bisa meletakan tatanan pemerintahan dan tatanan Pusat Pemerintahan Solok Selatan sesuai dengan aturan dan perundang-undangan otonominya Kabupaten Solok Selatan ini. Sehingga, wajah Solok Selatan, khsususnya pusat pemerintahan betul-betul tertata sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Pemda Kabupaten Solok Selatan yang sudah punya kekuatan hukum.

Tidak itu, harapan masyarakat Solok Selatan sangat berharap, kedepan berbagai kegiatan pembangunan di Solok Selatan ini betul-betul cerminan dari harapan masyarakat Solok Selatan secara umum. Jangan ada pula pengotakan wilayah kegiatan pembangunan oleh
Meski belum disebut secara berpasangan, namun dari wacana yang berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber , calon Bupati Solok Selatan 2010 yang bakal maju pada pertarungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) nanti, tersebut nama Drs. H. Syafrizal. J. M. Si, Drs. H. Nurfirmanwansyah, masih marak didengung dengungkan kan
“meski beliau sedang mengalami pengobatan namun program programnya tetap berjalan , sesuai dengan harapan rakyat. Agenda beliau tetap berjalan.
Siapa yang bakal maju menjadi bupati Solok Selatan kedepan meski belum lengkap dengan nama calon wakil-wakilnya serta belum jelas partai politik yang bakal mengusungnya. Namun banyak pihak berharap, kedepan Solok Selatan akan terus dipimpin syafrizal yang betul-betul berpihak kepada kepentingan masyarakat banyak dan untuk kemajuan Solok Selatan secara umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar