Media Proteksinews

Media Proteksinews

sample media terbit

sample media terbit

Cari Blog Ini


Laman

RNI

RNI
kantor pusat

Selasa, 13 April 2010

Indahnya Kampoeng Kopi Banaran

WISATA ARGO KALIGUA
Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah
Pesona Perkebunan Teh Lereng Gunung Slamet

Perkebunan Teh Kaligua merupakan salah satu kebun yang dikelola oleh BUMN Perkebunan di Jawa Tengah, yaitu PT.Perkebunan Nusantara IX (Persero) yang berkantor pusat di Semarang. Kebun Teh Kaligua terletak di Desa Pandasari, Kecamatan Peguyangan, Brebes. Lokasi tersebut berjarak 15 km dari kota Bumiayu. Akses jalan dapat ditempuh di jalur utama Bumiayu-Purwokerto, tepatnya di pertigaan Kaligua, Desa Kretek, Paguyangan. Transportasi dapat ditempuh dengan mengguna-kan kendaraan angkudes, ojek, maupun truk pengangkut sayuran.

Perkebunan Teh Kaligua merupakan kawasan wisata agro yang terletak pada ketinggian 1200 sampai 2050 m diatas permukaan laut (dpl). Tepatnya di kaki gunung Slamet sebelah barat. Tentu saja dengan ketinggian tersebut sudah dapat dirasakan kondisi kesejukan dan kesegaran udaranya.

Denyut nadi kehidupan diperkebunan Teh Kaligua berawal tahun 1899. Perkebunan Teh didirikan oleh Cultuur Onderneming di Belanda, dengan operasional dibawah pengawasan Fan John Pletnu & Co yang berkedudukan di Jakarta. Pengusaha Belanda yang ditunjuk untuk mengelola perkebunan teh Kaligua adalah Van De Jong. Tahun 1942 perkebunan teh Kaligua diambil alih oleh Jepang. Perkembangan selanjutnya perkebunan teh Kaligua menjadi milik Negara atau Badan Usaha milik Negara (BUMN)

OBYEK WISATA
- Goa Jepang
Goa ini dibuat pada masa pendudukan tentara Jepang sebagai tempat perlindungan, penyimpanan senjata dan makanan.
- Sumber Mata Air (Tuk Bening)
Dipercaya sebagai air abadi yang khasiatnya bisa menyembuhkan penyakit dan membuat awet muda. Selain itu digunakan sebagai sumber air minum alami dan penggerak turbine listrik sejak jaman Belanda.

FASILITAS
Kawasan wisata agro Kaligua dilengkapi dengan fasilitas penunjang agar pengunjung dapat menikmati pilihan untuk wisata
- Camping Ground - Kafe & Karaoke
- Arena Outbound Games - Kendaraan Wisata
- Gardu Pandang - Pelayanan Kesehatan
- Gazebo / Rest Area - Mesjid
- Fasilitas Olahraga (Tenis, Sepabola) - Aula
- Homestay - Jasa Catering

Alam Kaligua yang segar dan indah merupakan daya tarik wisata argo bagi para wisatawan. Pengunjung dapat menikmati keindahan dan suasana segar sambil melakukan berbagai aktivitas wisata, rekreasi dan relaksasi.






PAKET WISATA
1. Wisata Edukasi
Wisatawan dapat mengenal proses budidaya teh mulai dari pembibitan sampai dengan pengolahannya di pabrik.
2. Wisata Historis
Jejak peninggalan sejak zaman Belanda dan Jepang dapat dilihat di pabrik seperti turbin air, goa Jepang, makam Van De Jong.
3. Acara Keluarga (Family Cathering)
Acara rekreasi dan arisan keluarga semakin berkesan dengan kebersamaan keluarga sambil menikmati kesegaran dan keindahan alam Kaligua
4. Acara Perusahaan (Corporate Gathering)
Di sela-sela rutinitas pekerjaan, acara Corporate Gathering sangat berkesan dilakukan di Kaligua melalui kegiatan rapat, arisan, manajemen training, up grading competency, maupun out bound
5. Outbound & Fun Games
Pengelola wisata argo Kaligua menyediakan fasilitas pendukung kegiatan outdoor atau outbound. Misalnya Marine bridge, jembatan goyang, jaring laba-laba, bom remover, bighome Hunting, dan lain-lainnya. Kegiatan tersebut banyak diminati oleh siswa SD, SLTP, SMU, Perguruan Tinggi, bahkan pegawai perusahaan.
6. Paket Menginap
Wisatawan dapat menginap di homestay yang telah tersedia. Diantaranya Wisata Amarilis, Kenanga, Dahlia, Anggrek, Flamboyan, serta wisma pelajar. Fasilitas tersebut dilengkapi dengan breakfast, air hangat, dan chanel televise global
7. Jasa Katering Dan Peralatan
Kegiatan-kegiatan wisata di Kaligua didukung oleh SDM yang profesional untuk memandu dan memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi wisatawan.

PRODUK HILIR
Selain melakukan aktivitas rekreasi, para pengunjung dapat menikmati paket wisata edukasi pengenalan budidaya teh dan cara pengolahan teh hitam berkualitas ekspor. Pengunjung dapat melihat langsung proses pengolahan teh hitam Kaligua dan sekaligus dapat menikmati teh Kaligua serta membelinya sebagai souvenir / buah tangan. Produk hilir yang dihasilkan adalah teh celup dan teh serbuk dengan merek “Kaligua” HALIM





















NATURAL AGRO TOURISM


KAMPOENG KOPI BANARAN (Getas Salatiga)
PT.Perkebunan Nusantara IX (Persero) telah mengembangkan dan mengelola beberapa tempat untuk dijadikan daerah tujuan Wisata Argo antara lain : KAMPOENG KOPI BANARAN Getas Salatiga.
Terletak diareal Perkebunan Kopi Kebun Getas Afdeling Assinan tepatnya Jl. Raya Semarang – Solo KM.35 dengan ketinggian 480 – 600 m dpl dengan suhu udara cukup sejuk antara 230 C – 270 C.

Fasilitas utama berupa bangunan untuk menikmati sedapnya kopi “ Banaran Coffee” juga dibangun arena bermain anak-anak, lapangan tenis, Mushola, Coffee Walk, Out Bound Games, Kolam Renang, Gazebo, Taman Buah, Gedung Pertemuan, Flying Fox, Jelajah kebun dengan motor ATV.


KALIGUA (Brebes)
Terletak disebelah barat kaki gunung Slamet tepatnya di Desa Pandansari Peguyangan Kabupaten Brebes Jawa Tengah, dengan ketinggian 1.500 – 2.050 m dpl dan suhu antara 80 C – 280 C

Fasilitas yang ditawarkan antara lain Tea Walk, Pembibitan Teh, Panen Teh, Pabrik Pengolahan Teh, Jasa Layanan Teh, Penginapan, Lapangan Tenis, Bilyard, Areal Camping, Out Bound Games, Petilasan (Van De Jong, Mbah Joko), Turbin Kuno, Goa Jepang, Tuk Bening, Goa Barat, Puncak Sakup.


GONDANG WINANGOEN (Klaten)
Terletak ditepi jalan raya Yogya dan Solo Km.4.5 tepatnya sebelah barat kota Klaten Jawa Tengah. Pabrik ini dibangun tahun 1860.

Fasilitas yang ditawarkan di Wisata Agro Gondang Winangoen ini adalah Tour Keliling Pabrik Gula “Tempo Doeloe” dengan fasilitas antara lain Museum Gula Jawa Tengah yang berdiri tahun 1982, Auditorium / Gedung Pertemuan, Loko Teboe mengelilingi pabrik gula Gondang Baru, Home Stay yang merupakan rumah besaran Administratur Tempo Doloe, Resto yang menyediakan produk hilir PTP Nusantara IX (Persero), & Makanan, Minuman yang lain.


SONDOKORO (Karanganyar Solo)
Terletak diantara jalan raya Solo dan Karanganyar desa Ngijo kecamatan Tasikmadu.

Fasilitas yang ditawarkan di Agro Wisata Sondokoro Tasikmadu ini adalah Tour Keliling Pabrik Gula dengan naik Lokomotif, Jembatan Gantung, Flying Fox, Dunia Kreasi, Panjat Dinding, Graha Sondokoro, Ruang Meting, Lapangan Tennis, Griya Resto, Monumen Giling, Kolam Renang, Jalan Refleksi, Live Music.