Media Proteksinews

Media Proteksinews

sample media terbit

sample media terbit

Cari Blog Ini


Laman

RNI

RNI
kantor pusat

Minggu, 31 Januari 2010

Stock batu bara kita 150 tahun

Didasari tanggung jawab terhadap kelestarian lingkungannya, PT. Bukit Asam (Persero) Tbk telah bertekad untuk melakukan penambangan yang berwawasan lingkungan. Dalam hal ini perusahaan telah mencanangkan suatu kebijakan untuk melindungi dan melestarikan lahan yang telah dimanfaatkan termasuk flora dan faunanya merupakan upaya menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh karyawan dan masyarakat yang bermukim disekitar wilayah Operasi. Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan melakukan langkah-langkah :

- Menyiapkan dokumen Amdal
- Menyiapkan RKL dan RPL
- Menyiapkan UKL dan UPL
- Mematuhi semua peraturan pemerintah tentang lingkungan hidup
- Mendengarkan aspirasi masyarakat


Sertifikat yang sudah dimiliki oleh PTBA Unit Pelabuhan Tarahan
diantaranya :

- ISO 14001 tentang Sistem Manajemen Lingkungan
- ISO 18001 tentang Sistem Manajemen Keselamatan


Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lingkungan (K3L)
diantaranya :

- Zero Accident (penghargaan dari Pemerintah Pusat)
- Safety Award (penghargaan dari Pemerintah Pusat)






PENGELOLAAN LINGKUNGAN

Upaya Pengelolahan Lingkungan di Unit Pelabuhan Tarahan,
meliputi kegiatan-kegiatan seperti :

- Mengatur pemakaian air tanah tidak melebihi 200m3/hari
- Melakukan penanaman (reboisasi) yang dapat beradaptasi, mempunyai nilai tambah dan dapat meredam debu
- Mengelolah Instalasi Pengolahan Lingkungan (IPAL) sehingga kualitas air yang keluar ke laut berada di dalam batas Baku Masa Lingkungan (BML)
- Mengoperasikan alat penyiram debu ke lokasi yang berpotensi menimbulkan debu
- Membersihkan saluran lingkaran Stock Pile
- Mengelolah bak penahan limbah oli dan limbah minyak
- Mewajibkan karyawan lapangan untuk menggunakan perlengkapan K3
- Mengikutsertakan tenaga kerja lokal dalam kegiatan penambangan sesuai dengan keahliannya
- Menyertakan masyarakat dalam kegiatan pengelolahan lingkungan


PEMANTAUAN LINGKUNGAN

Upaya pemantauan lingkungan di Unit Pelabuhan Tarahan
meliputi kegiatan sebagai berikut :

- Pemantauan kualitas air di seluruh outlet IPAL dan Pantai dengan frekuensi pelaporan sekali tiap tiga bulan.
- Pemantauan biota laut untuk mengetahui keanekaragaman hayati yang hidup di laut sekitar pelabuhan.
- Pemantauan kualitas udara berkaitan dengan kadar debu di area pelabuhan dan di luar area pelabuhan dengan frekuensi pelaporan sekali tiap tiga bulan.
- Mengukur tingkat kebisingan akibat mobilisasi peralatan dengan frekuensi pelaporan sekali tiap tiga bulan.
- Pemantauan keselamatan kerja dan tingkat kecelakaan kerja.
- Pemantauan kebersihan lingkungan dan pembuangan sampah.
- Pemantauan tenaga kerja lokal yang diserap oleh kegiatan penanganan Batubara di Unit Pelabuhan Batubara Tarahan.


PENGEMBANGAN KOMUNITAS

PTBA Unit Pelabuhan Tarahan sangat menginginkan suatu kehidupan yang harmonis dengan masyarakat disekitarnya, dengan memanfaatkan setiap potensi yang ada sehingga tercipta hubungan timbal balik yang positif, dan masing-masing pihak akan menjaga kelangsungan hubungan tersebut. Kepedulian perusahaan dalam pengembangan komunitasnya diwujudkan dalam bentuk Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan.



Program Kemitraan antara lain berupa :

- Memberikan Pinjaman Lunak kepada Usaha Kecil dan Koperasi
- Memberikan Pelatihan dan mengikut sertakan pameran bagi mitra binaan yang memiliki produk unggulan.


Program Bina Lingkungan meliputi :

- Pemanfaatan lahan tidur milik perusahaan untuk ditanami berbagai tanaman yang menghasilkan oleh masyarakat disekitar perusahaan.
- Pemanfaatan tanah perusahaan untuk pembangunan kios-kios jajanan / oleh-oleh disepanjang jalan didepan kantor.
- Bantuan sarana / prasarana pendidikan dan sarana ibadah maupun sosial untuk masyarakat.
- Pembangunan Gedung Serba Guna di Pemukiman warga sekitar Unit Pelabuhan Tarahan.
- Bantuan pendidikan / beasiswa untuk anak sekolah.
- Program kesehatan Ibu dan Anak melaui Posyandu yang bekerjasama dengan Puskesmas Srengsem, Panjang.
- Bantuan dan pengiriman relawan pada saat terjadi bencana alam.
- Pemanfaatan air gunung di dusun Talang Sebaris, Batu Serampok, untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar perusahaan.

Pemanfaatan sumber air (pipanisasi) dari Gunung yang berlokasi di Talang Sebaris Ds.Serampok untuk keperluan masyarakat yang tinggal disekitar perusahaan serta untuk memenuhi kebutuhan Masjid An’Nur selain itu penampungan air dari gunung tersebut juga dipersiapkan untuk penyiraman debu disaat musim kemarau. Program ini merupakan pemberdayaan masyarakat sebagai salah satu bentuk Program Bina Lingkungan perusahaan.


Jujur saja sekarang kami sedang mempersiapkan pembangunan mensjid yang sedang dalam proses kemudian yang lainnya secarta umum bekerjasama dengan lingkungan yang tidak lari dengan 7 poin tersebut.sektor .tidak lari dari permen 5 tsb.bina lingkungan kita perlu berhati hati member I kemitraan tsb.permasalhan kemitraan ini kebanyakan pada umumnya warga masayarakat atau calon mitra binaaan itu berpendapat bahwa itu dana itu seolah-olah sudah dihibahkan.,padahal keliru yang seharusnya yang namanya pinjaman harus dikembalikan,kalau hibah itu beda. sementara untuk dikemitraan yang namanya hibah itu untuk pelatihan atau pemasaran,papar Ade Sutrisno Ka Humas Pt BA lampung ini.
Pendekatan dengan masarakat
Kita mengakui bahwa batu bara ini masalah polusi terutama pemasalahan abu yang diterpa angin disitulah pihaknya mendapat komplin masayarakat kami sudah MENCEGAH bagaimana supaya masyarakat tidak komplin karena pihaknya sudah mengupayakan dengan berbagai alat penahan debu dan alat lainnya.pencegahan untuk menangani jangan sampai polusi tambang tidak menggangu aktivitas ling kungan masyarakat, intinya pendekatan kita dengan masyarakat dengan baik baik dan melaksanakan 7 sektor tesebut dari 5 Permen tsb,sejauh ini PT BA sudah kucurkan dana sekitar 13 miliar untuk mitra binaan .DANA 13 miliar tsb disalurkan kepada perdagangan,perikanan,peternakan,pendidikan dll ada 4 sektor. PKBL yang menjadi unggulan katanya produk industry sulam khusus dan kaligafi kedua indusri tsb sering kali di pamerkan pada iven2 nasional dan sering kali di pamerkan di Jakarta.kenapa kita dalam memberi bantuan lebih mengurtamakan mitra unggulan
Kenapa kita ,lebih berkonsentrasi memberikan bantuan kepada yang unggulan dulu karena menurutnya
PERTAMA artinya kita tidak berkonsentrasi terhadap produksi dia yang baik tapi jg
Yang kedua produksinya yang mana yang layak di pamerkan
Dengan niatan baik Kami melakukan program tersebut sesuai dengan Permen no 5 tetapi harapanya diberikan pinjaman bagi sipeminjam dengan harapan bisa mengembalikan. si peminjam harus sama2 karena apa harus berpikir bagaimana untuk mendapakan pinjaman pada tahap berikutnya apa yang disebut pinjaman bergulir tadi..ketentuan yang berlaku pinjaman 13 miliar dikenakan3 persen pengembaliannya sesaua aturan di atas. Diakuinya kita tidak melanggar permen tersebut,Karena kalau kita melanggar pastinya akan kena saksi .kami sebagai pelaksana tentu akan selalu berhati – hati.katanya.
ada beberapa kapedulian kami terhadap masrakat diantaranya misalnya sector sarana ibadah membuat mushola mesjid jembatan,yang biasanya masayrakat yang akan beribadah mere,ka harus berputa kini tidak lagi karena sudah dibangun PT BA. dengan jembatan yang kami bangun mereka kini tenggal nyebrang” kata Ka HUmas PT Ba Lapung Ade Sutrisno.
BKPL ? kemnitraan itu sendiri mulai digalakan \sejak tahun 1992 sedang CSR kami laksanakan sekitar Tahun 1996 sampai saat ini jumlah binaan PT Ba tarahan Lampung Lebih dari 800 mitra binaan.mengenai dana yang diturunkan untuk mitra binaaan itu sendiri dananya sudah langsung di klot dari pusat ,program kita hanya survey mencari calon mitra siapa yang layak diberikan misalkan kita mendapat 100 mitra ,ya Yang seratus itu yang dikirim .jadi disini tidak ada istilah dilebihkan atau dikurangi atau Mar up.jadi setelah disurvei pusat sesuai jadi yang kita berikan sesuai kemampuan orang yang perlu kkita bantu. Permohohonan semua diajukan ke pusat jadi tidak ada dana yang stanbay di sini ,katanya. Kta justru harus berhati hati lagi mengingat pengalaman yang sudah sudah.Kata Ka HUMAS dan Bidang KBL itu.
Dirjin Pengendali produk Pandu Pelabuhan Batubara Tarahan merupakan pelabuhan / dermaga terbesar yang dimiliki PT. Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk dengan luas areal 42,5 ha. Pelabuhan ini terletak + 18 km dari Kota Bandar Lampung dan + 6 km di sebelah selatan pelabuhan Panjang. Beroperasi sejak tahun 1986 sebagai Dermaga Untuk Kepentingan Sendiri (DUKS), yang pada awalnya disiapkan untuk pengapalan batubara hasil produksi tambang di Tanjung Enim dengan tujuan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) di Suralaya propinsi Banten. Perubahan status PTBA menjadi Perusahaan Terbuka (Tbk) sejak tahun 2002, yaitu semenjak PTBA menjual sebagian sahamnya di lantai Bursa Saham.

Angkutan batubara dari Tanjung Enim ke Tarahan menggunakan Kereta Api Rangkaian Panjang (KA Babaranjang), dengan jarak tempuh + 420 km. Rata-rata setiap harinya sebelas rangkaian babaranjang, dan setiap rangkaiannya sekitar 46 gerbong batubara dengan volume 50 ton per gerbong.

Peralatan utama yang dipergunakan untuk aktivitas bongkar muat batubara antara lain adalah : RCD (Rotary Car Dumper), Ban Berjalan (Belt Conveyor), Stacker Reclaimer dan Pencurah batubara ke kapal (Ship Loader).

hanya dapat memberikan sebatas me3mberika secrta teknis saja me genai pengdali produk ,namun secra global hanya Gmyang bisa memaparkan sedcra utuh. Hanya beliua yang punya kewenangan’ Pak pandu adalah .secara umum dia bertuga memantau,mengendaklikan,memonitoring dan melakukan pengendalian secara menyeluruh .terhadap semua batu bara pemuatan kapal ,pemuatan rireil untuk produk b ukkit asam sehingga intinmya bahwa kwalitas dari market brand bukit asam sudah justipikasi …bisa terjsaga karena itu merupakan salah satu usaha kami dalam b erasing,karena meunrutnya batu bara adalah produk alam.tidak seperti buatan pabrik misalkan 5 harus 5 terus kalau alam kadang 5 kadang 3 atau 4.tugas kami didsini adalah menjaga itu alam misalnya ada dibawah limka bya kita tambahkan kalorinya kita pakai selang sehingga padfa saAt mau ke kapal itu memang sudah bentuk market brand seperti yang dicanang kan diidunia internasional bahwa kita punya 4 market brand n 59,63,67 dan n70 itu yang kita janga mutunya disitu .kata pandu.karena sebagian besar batu bara yang dilakukan oleh bukit asam samai saat ini yang terbesar itu lewat tarahan.hampir 70 persen lebih melalui olahan tarahan lampung.
Kita sudah punya market sendiri.mengenai saingan memang dari tambang yang ada di Indonesia sendiri maupun diluar negeri seperti d australi, maupun ditempat tempat lain tetapi produk kita mempunyai cirri kas tersendiri sehingga konsumennyapun diberikan kesempatan kepada kita untuk memilih apa yang menjadi pilihan mereka apakaKAH produk n59 atau n 63 dll.diakuinya secara umum kita bersaing dan memang produk produk dalam negeri judga ada yang mirip seprti kita,tapi menurutnya itu wajar its oke karena kita bdersaing smelalui kewalitas paparnya.biasanya para pembeli itu yang diutamakan memang kwalitasnya DI KALAU BELINYA SEKIAN ,YA SEKIAN .walaupan itu produk alam kita jaga fungsi dan kwalitas.
Di tarahan sendiri kita punya laboratorium sendiri ,yang suddah grativikasi yang sdh stasdarisasikan yang menjadi delik control utama kita karena konsumen berdasarkan hasil kwalitas batu bara itu dari hasil parameter ujilab ,memang pada saat pembelian kita menggunakan uji laboratorium yang independen tapi sebelum itu kita punya lab sendiri untuk dokontrol sudah lak belum untuk dikapal kan .sudah layak belum ,kalau belum berapa kurangnya kita punya nilai 520 kita usahakan mendekati nilai sudah distandarkan.yang mejadi piklihgan konsumun umumnya kami munya market sendiri
Seperti Negara jepang pilihganya n u70p sudah lama pasia pada pilihannya namun mereka sudah muali mencoba jaga N5t9
Untuk konsumen Domistik seperti suralaya n 59 dan merupakan porsi terbesar .
Kita Aigremen dengan konsumen sudah ada kontrak,kita menjsamin minimal pengapalan perhari 25000 ton ,tapi realisanya bisa lebih dari iu.ituy sebahai daya tarik kita kita mekakukan batu bara ke kapaladi loading kontrak seperti itu.tapi kita lakukan lebih dari dan merupakan kenikmatan tertsendiri bagi konsuimen.biar cepat diisi dan biar cepat sampai,begitu juga yang duii suralaya sama disuiralaya juga selalu memanatau kapal ka;pal yang disewa kita untuk memenuhi keb utuhan suralya itu mereka pantau mereka hitung juga kerena merka juga nmenmang tidal lepas dari batu bara.
dipasarkan kita sudah






Masalah kwalitas batu bara pengeluasran prosesesnya saja
Mengendalikan,memantau memonitoringuntuk semua batu seara menyeluruh barpssda semua batu barea
Proses Pertambangan Batu Bara
Kinipembacak ami ajak sekilas ten ntang pembuatan proses pertamngan batu batra tarahan lapung dari dariman berasal dan untuk apa keguaannya
Wartwan proteksi diajak berlelinhg ke permbangan tarahan oLeh HUMAS
Pelabuhan Batubara Tarahan merupakan pelabuhan / dermaga terbesar yang dimiliki PT. Tambang Batubara Bukit Asam (Persero) Tbk dengan luas areal 42,5 ha. Pelabuhan ini terletak + 18 km dari Kota Bandar Lampung dan + 6 km di sebelah selatan pelabuhan Panjang. Beroperasi sejak tahun 1986 sebagai Dermaga Untuk Kepentingan Sendiri (DUKS), yang pada awalnya disiapkan untuk pengapalan batubara hasil produksi tambang di Tanjung Enim dengan tujuan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) di Suralaya propinsi Banten. Perubahan status PTBA menjadi Perusahaan Terbuka (Tbk) sejak tahun 2002, yaitu semenjak PTBA menjual sebagian sahamnya di lantai Bursa Saham.

Angkutan batubara dari Tanjung Enim ke Tarahan menggunakan Kereta Api Rangkaian Panjang (KA Babaranjang), dengan jarak tempuh + 420 km. Rata-rata setiap harinya sebelas rangkaian babaranjang, dan setiap rangkaiannya sekitar 46 gerbong batubara dengan volume 50 ton per gerbong.

Peralatan utama yang dipergunakan untuk aktivitas bongkar muat batubara antara lain adalah : RCD (Rotary Car Dumper), Ban Berjalan (Belt Conveyor), Stacker Reclaimer dan Pencurah batubara ke kapal (Ship Loader).

ADA 3 STOCK pile penimbunan batu bara`batu bara yang perama ditimbun bernama batu bara babaranjang batubara dari tanjung eim diangkut boleh kereta babarnjang bitukah sebut umumnya masrakat sana.panjang perjalanadenan menempukh jarak 420 km setelah sampai ditarahan gerbong langsung dibongkar\bagaimana nya ditimbun stok pile tadi.proses awalnya disni mengankutnya dengan menggunakan player namanya RTD ROTARI CARDA WART .DALAM SATU GERBONGNYA 50 TON.setiap ke stick pile mengunakan apa wagon layer nah klalau yasng dikirim ke stock pile 2 kita memiliki duas bongkaran di batu bara ini ada 3 jenis misalkan dari tanjung enim mau kasih kabar akan dating rangkaian dengan bca se,kkian itu misalkan jenis batu baranya misalkakan 70 berati dikirim ke stok pile 2 batau 3 begitu juga rangkaian 2 ata 8 dikirim stok 1 jadi ada jenis nya masing2 tidak dibuang sembarangan ke stok 1,2 atau 3 sudah tempatnya masing kalau jenisnya untuk ekspor 70,73 dibuangnya ke stok 2 dan 3. Kalau dibawak kalori 8 itu dibuang ke stok satu makanya kami sebelum masuk sudah tahu jenis masing.semua prosaes menmgunakan listirk.setelah kita bongkar ke RCD tadi kita mdelalui ada nama alatnaya priemary crasser itu fungsi untuk menghancurkan batu bara mencapai 100 mili samapai ke stok pile (seperti Pasir) t kapal yang punya pihak ke tiga kita hanya kapal itu bergitu samap di tarahan dengan cara membongkar dari kaspal ke stok di pltu sana setelah itu masuk ke blower (pembakaran) samapai menhasilkan listrik. Selama hamper seminggu perjalanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar