Media Proteksinews

Media Proteksinews

sample media terbit

sample media terbit

Cari Blog Ini


Laman

RNI

RNI
kantor pusat

Selasa, 16 Maret 2010

Bupati Mukhlis Basri, Mendedikasikan Penghargan Bagi Rakyat


Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri,
Mendedikasikan Penghargan Bagi Rakyat

Sebuah prestasi adalah wujud dari tekad menjalankan kinerja dengan sepenuh hati serta pemikiran cergas. Inilah yang diraih oleh bupati Lampung Barat Mukhlis..
Baru dua tahun memimpin Lampung Barat, ia telah menerima beberapa  penganugerahan masing-masing, penghargaan
 Drs. Mukhlis Basri menerima penghargaan (reward) Program Peningkatan Beras Nasional (P2BN) dari Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono Mukhlis dianugrahi trofi Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah Bidang Pekerjaan Umum (PKPD-PU) 2 (PKPD) dan   Program Peningkatan Beras Nasional (P2BN)  Lampung Barat Penghargaan ini di raih oleh Bupati Mukhlis Basri karena keberhasilan Kabupaten Lampung Barat meningkatkan produksi pangan terutama beras di atas 5% pada musim tanam, sehingga Propinsi Lampung termasuk Lampung Barat mengalami surplus beras, dan mampu menjual ke daerah lain.  Dimana pada tahun lalu  produksi beras Lampung Barat mencapai 150 ton lebih atau meningkat sekitar 9,02%, dan Lampung Barat optimis pada tahun 2010 ini produksi padi akan terus meningkat, mengingat potensi yang ada di Lampung Barat sangat mendukung.  Peningkatan produksi padi tersebut disebabkan karena meningkatnya indeks pertanaman, artinya yang biasanya dalam satu tahun hanya sekali tanam padi, maka saat ini bisa dua kali tanam, dan manfaat penggunaan benih padi yang unggul yang digunakan oleh para petani serta meningkatnya sumber daya manusia)
Lampung Barat termasuk satu dari 17 pemda penerima penghargaan PKPD-PU
Ada beberapa hal yang dianggap berhasil di Lampung Barat, terutama komitmen Pemkab menjaga, mempertahankan, dan mengembalikan lingkungan sesuai dengan fungsinya. Kelebihan Lampung Barat ini daerah unik yang tidak terdapat di daerah lain, yaitu terdiri dari pegunungan dan pesisir. Kalau ditarik dari atas, ada hutan kawasan, turun lagi ada repong damar, di bawahnya sawah rakyat, kemudian pantai. Topografi yang unik ini harus dipertahankan dan Pemkab menyusun konsep konservasinya dalam bentuk perda. Sudah dua perda yang mengatur hal itu
Sementara itu dalam mengentaskan kemiskinan ,bupti Lamnar ini mengagendakan 3 program  untuk mensejahterakan rakyatnya.Yakni  meningkatkan kesejahteraan  yang menyentuh langsung masyarakat .ke tiga  program  tersebut diantaranya program   pendidika gratis, dari mulai SD SMP s/d  SMU  .pada  pendidikan SMA itu sendri  satu satu pendidika gratis  yang diterapkan di Lampung ini .”tapi bukan hanya gratis di moto  atau slogan saja, tapi gratis betulan baru dilampung barat ini, “,ujar pria  kelahiran lampung 24 febuari 1964 ini.
Namun iapun memaklumi  program yang  baru ber jalan satu tahun ini otomatis belum sempurna betul, tapi dia senatiasa selalu belajar untuk sempurna bagaimanna meminimalisasi kekurang kerkuranganya.
kesehatanuntuk  program kesahatan katanya,kesehatan  juga sudah dilaksa nakan seperti Jamkesmas, “tidak semua tercover didalam jam kesmas  ia imbangi dengan meluncurkan program  Jamkesda jika  belum tercover juga  maka kita mengeluarkan PKMB (Program Pengopatan pengobatan Bersubsidi) jadi semua masyarakat tidak miskin tidak kaya  suiah bisa terlayani’,Papar.
Seperti diketahui, persoalan mendasar di Lampung Barat adalah masalah kemiskinan. Ini disebabkan karena rendahnya pendidikan masyarakat. “Kebanyakan anak tidak bisa meneruskan pendidikan hingga jenjang SMU,” ujarnya. Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri, meminta semua kalangan turut mendukung dan mengawasi  pelaksanaan program pendidikan gratis hingga tingkat SMA yang dirintis mulai tahun ini.Permintaan itu disampaikannya saat menyerahkan bantuan uang kepada 165 siswa Lampung Barat yang berprestasi tahun 2008--2009 Menurut Bupati, pendidikan gratis hingga tingkat SMA di Lampung Barat merupakan program rintisan atas kebijakan pemerintah daerah. Bahkan, ini merupakan kebijakan yang pertama untuk daerah Lampung.
"Lampung Barat merupakan yang pertama yang berani mengambil kebijakan program pendidikan gratis 12 tahun. Kalau selama ini pemerintah pusat hanya memprogramkan pendidikan wajib belajar sampai 9 tahun, kami sudah 12 tahun," kata MukhlisMeskipun demikian, kata dia, pihaknya meminta program pendidikan gratis hingga SMA ini tidak disalahartikan dengan mengasumsikan pendidikan tersebut sudah tidak dipungut biaya lagi. Alasannya, program pendidikan gratis di Lambar ini masih rintisan atau baru menuju gratis.
Maka dalam kepemimpinannya, ia memiliki program prioritas yaitu pendidikan, kesehatan dan pembangunan infrastrutuktur tanpa melupakan menjaga kelestarian hutan dimana 73 persen wilayah Lampung Barat adalah hutan lindung.
Apakah ia bangga dengan penghargaan yang diterimanya? Secara manusiawi, tentu saja kebanggaan itu ada. Tapi semua tak berarti dan tak mungkin diraih tanpa peranserta masyarakat.:’ Ya, penghargaan ini bukan semata-mata hasil kerja saya. Semua di Lampung Barat ikut bekerja, dan penghargaan ini sebenarnya milik seluruh masyarakat Lampung Barat. Saya hanya menerimanya saja,”katanya.
Untuk itu ia tak ragu mendedikasikan penghargaan tersebut pada masyarakat karena kerja keras yang telah mereka lakukan. “Yang terpenting adalah niat saya untuk mensejahterakan masyarakat,” tandasnya. HALIM MASHATI