Media Proteksinews

Media Proteksinews

sample media terbit

sample media terbit

Cari Blog Ini


Laman

RNI

RNI
kantor pusat

Selasa, 16 Maret 2010

PTPN IX Ruqi saat harga Gula Naik
28 Jan 2010
SEMARANG PTPN IX mengalami kerugian pada 2009 meski harga gula di pasaran terus naik. Penyebabnya sebagian besar produksi sudah dijual secara forward selling dengan berpatokan harga lama.Staf Corporate Secretary Didik Margani mengungkapkan sebagian produksi gula mereka telah dijual secara forward selling dengan menggunakan patokan harga sebelum naik.
"Saat itu ada kebutuhan likuiditas untuk divisi tanaman semusim. Jadi gulanya dijual dengan sistem kontrak di depan. Akhirnya ketika harga melesat PTPN IX tidak ikut menikmatinya," jelas Didik kepada Bisnis kemarin.
Jumlah penjualan gula total mencapai Rp546 miliar, tetapi setelah dikurangi biaya produksi, pajak dan lainnya merugi hingga Rp62 miliar. Menurutnya, bila belakangan banyak disebut stok gula Jateng masih aman di gudang-gudang milik PTPN IX, sebenarnya sebagian besar di antaranya sudah bukan milik perusahaan melainkan milik pembeli yang belum diambil. "Kami juga kadang bingung bagaimana agar para pembeli itu segera mengambil gulanya, padahal harga sewa gudang juga sudah kami naikkan," jelasnya…..HALIM